Kembali Berdemokrasi Untuk Menjadi Bagian dari Penggerak yang Bersinergi : PILKETOS 2022

Pemilihan Ketua OSIS atau PILKETOS adalah kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun oleh Organisasi Majelis Perwakilan Kelas. Selain itu, PILKETOS juga merupakan acara pertama bagi MPK ’25 untuk ikut berkontribusi kinerjanya kepada sekolah melalui MPK. Acara PILKETOS 2022 ini mengusung tema “Infinite Leadership Spirit Welcoming Offline Era”. Mengingat persiapan SMA N 1 Pekalongan dalam menghadapi new era atau peralihan sedari online ke offline.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meregenerasi seorang pemimpin yang kompeten dalam suatu organisasi, yang merupakan langkah awal bagi organisasi untuk menjadi lebih baik dalam menjalankan program kerja yang lebih kreatif serta inovatif. Maka dari itu, di masa yang sedang tidak stabil ini tidak menjadikan penghalang bagi MPK untuk menjalankan program kerjanya dengan kemajuan teknologi dan semangat para anggota MPK di era ini. Tujuan utama diadakannya PILKETOS adalah agar warga SMA N 1 Pekalongan menggunakan hak pilihnya secara bijak dan melatih sikap demokratis untuk memilih pemimpin yang berintegritas dan bertanggung jawab demi masa depan SMA N 1 Pekalongan dan juga generasi muda bangsa Indonesia.

PILKETOS tahun ini sedikit berbeda, karena digabungkannya Tahap IV dan Tahap V yang dimana berisi debat terbuka dan Orasi Calon Ketua OSIS. Tahap ini merupakan puncak dari keseluruhan rangkaian acara PILKETOS 2022. Dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 10 Agustus 2022 mulai dari pukul 14.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB bertempat di lapangan utama SMA N 1 Pekalongan. Gencarnya dukungan dan antusiasme para Tim Sukses dapat dirasakan saat para Calon Ketua OSIS berkampanye.

Beragam keunikan peralatan dibawa oleh Tim Sukses masing-masing Caketos sambil menyanyikan yel-yel penyemangat untuk kandidat yang mereka dukung. Kandidat nomor urut 1 yaitu Nafilah dari kelas XI MIPA 4 dengan slogan “Ora Siji Ora Hepi, Nomor Siji Selalu Dihati,” dan ada dua kandidat yang berasal dari kelas yang sama, ada kandidat nomor urut 2 yaitu Nadhifah Sahlaa Hafizhah dan kandidat nomor urut 3 Annisa Nazala Aflah dari XI MIPA 6.

Pada awal pembukaan acara dipandu oleh Pembawa Acara yaitu Nora Rahma Aisya dan Laksamana Danendra Adinata. Keduanya menyapa para audiens dan berusaha menghidupkan suasana dengan jargon PILKETOS 2022.

PILKETOS 2022!

Tentukan pilihan,

Satukan tujuan,

Wujudkan perubahan!

Viva SMANSA!

Para audiens pun semarak mengikuti jargon dan mempraktikkan bersama-sama. Tak lupa Syatira Bahady selaku ketua acara memberikan sambutan dan harapan atas diselenggarakannya acara, “Saya harap semoga yang terpilih menjadi ketua OSIS nantinya bisa mengemban amanah dan menghadirkan inovasi-inovasi menarik untuk seluruh organisasi dan ekstrakurikuler di SMANSA dan saya mengajak semua warga SMANSA agar jangan golput dan ikut berpartisipasi dalam acara”. Kemudian acara dilanjutkan dengan Orasi dari para Caketos.

Mereka memaparkan Visi dan Misi apabila nantinya diberi kepercayaan menjadi Ketua Umum OSIS 2022. Tak lupa para kandidat juga berpesan kepada siapapun nanti yang terpilih supaya dapat mengemban amanah dengan sebaik- baiknya. “Saya yakin kedua Rekan-rekan saya adalah orang-orang hebat yang punya ide cemerlang. Untuk OSIS dan SMANSA kedepannya saya juga ingin supaya semuanya dapat memilih dan jangan golput,” tutur Nadhifah.

Setelah orasi selesai dimulailah sesi debat terbuka. Para kandidat diberikan mosi dan diberikan posisi Pro atau Kontra yang berbeda di setiap mosinya. Salah satu mosi nya yaitu “Kurikulum Merdeka memudahkan pelajar mengetahui bakat dan potensinya” kandidat yang diberi posisi pro adalah Nadhifah dan posisi kontra adalah Annisa. “Menurut saya dengan adanya kurikulum merdeka membuat Siswa dapat mengeksplore lebih banyak hal dan tidak terkotak-kotakan supaya nantinya mereka benar-benar tahu apa yang diminatinya dan juga karena kurikulum merdeka sudah diterapkan oleh lembaga pendidikan sebagai kurikulum yang sah digunakan, pastilah sudah melalui banyak pertimbangan dan uji coba karena itulah saya setuju dengan mosi ini.” Ucap Nadhifah memaparkan argumennya.

Namun kandidat nomor urut 3 langsung memberikan tanggapannya “Saya tidak setuju, ada pula siswa-siswa yang memiliki bakat misalnya di bidang olahraga yang lebih baik di dukung dan dikembangkan tanpa membebani mereka dengan pelajaran-pelajaran lain. Menurut saya dengan adanya kurikulum merdeka justru membuat siswa tidak terfokus pada suatu hal. Karena itulah saya tidak setuju dengan mosi ini.” Para audiens bertepuk tangan setiap kali para kandidat memaparkan argumennya. Tujuan dari sesi ini adalah untuk mengetahui cara para calon pemimpin ini berpikir dan menyelesaikan masalah.

Sesi selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Salah satu pertanyaan diberikan oleh Bu Erna selaku Wakarus Kesiswaan yang baru, “Kepemimpinan seperti apa yang akan kalian terapkan pada sistem sekolah ramah anak yang dimiliki SMANSA?” Dari keseluruhan jawaban kandidat mereka ingin menerapkan kepemimpinan yang mengayomi yaitu tegas namun tidak merundung dengan cara memberi teladan dan contoh yang baik bagi Kartinians lain.

Setelah sesi tanya jawab berakhir, diumumkanlah pemenang dari Tim sukses terbaik yaitu Tim Sukses dari Nadhifah Sahlaa Hafizhah yang juga menjadi kandidat yang meraih suara terbanyak yaitu 472 suara. Kemudian untuk kandidat nomor urut 1 yaitu Nafilah mendapat 405 suara dan kandidat nomor 3 Annisa Nazala Aflah mendapat 118 suara. Dengan demikian telah ditetapkan Nadhifah sebagai Ketua Umum Organisasi Siswa Intra Sekolah 2022/2023.

Di penghujung acara ketiga kandidat bernyanyi bersama-sama saling merangkul. Menunjukkan mereka saling percaya dan siap bekerja dengan sebaik mungkin untuk periode ini. Diiringi juga dengan semangat audiens yang ikut bernyanyi suasana sore senja pun terasa hangat dengan pemandangan langit yang indah.

Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi untuk PILKETOS 2022. Tak lupa kami memohon maaf apabila dalam terselenggaranya acara ini masih terdapat kekurangan. Semoga para pemimpin yang baru dapat menciptakan inovasi dan menghasilkan regenerasi organisasi yang baik pula. Semangat mengemban amanah untuk Nadhifah, Nafilah, dan Annisa.

Viva Smansa!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

screen tagSupport