DKIS 2022, Menuju Kartinians yang Gemilang

Pada pertengahan bulan Maret, atau lebih tepatnya pada Jumat, 18 Maret 2022. Majelis Perwakilan Kelas telah menyelenggarakan salah satu program kerja nya yaitu DKIS 2022 secara luring. DKIS atau Deklarasi Kartini Internasional School adalah acara yang dikhususkan untuk kelas XII. Kegiatan ini bertujuan guna memberi semangat dan juga wadah bagi Kakak kelas XII untuk mengenang masa-masa bersekolah di SMAN 1 Pekalongan sebelum menghadapi ujian dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. DKIS 2022 dihadiri oleh seluruh siswa kelas XII dan 4 pembina. Tempat pelaksanaan nya terdapat di aula dan lapangan SMA Negeri 1 Pekalongan.

Acara dimulai pada pukul 08.00 pagi hari. Sebelum memasuki aula Kakak-kakak kelas 12 melakukan absensi kehadiran terlebih dahulu lalu Kakak-kakak bisa mendapatkan stiker DKIS 2022. Diawali dengan pembukaan MC dari kelas 10. Kemudian memasuki sesi kedua dari acara yaitu sambutan- sambutan. Sambutan pertama dibuka oleh ketua acara yaitu Dzaki Octavian Hadi. “Saya harap dengan diadakan nya DKIS 2022 ini yang dapat membawa dampak positif bagi Kakak-kakak untuk menghadapi ujian nanti.” Selanjutnya sambutan dari Bapak Yulianto Nurul Furqon M. Pd. Selaku Kepala Sekolah. “Kalian ini orang-orang hebat, saya harap UTBK tahun 2022 dapat membawa SMANSA jadi peringkat 100 terbaik nasional dan untuk ujian sekolah kalian juga harus ingat itu berpengaruh dalam kalkulasi nilai nanti” tutur beliau dalam sambutan nya.

Setelah mendengarkan sambutan dari ketua panitia dan kepala sekolah. Ada sesi pemberian motivasi yang diisi oleh Bu Syaikhoh Thalib, yang bertujuan memberikan semangat kepada Kakak-kakak serta mengingatkan kembali kepada Kakak-kakak tentang sudah seberapa jauh mereka melewati perjalanan di bangku SMA. “Kalian adalah anak-anak terpilih yang bisa masuk ke SMANSA, banyak alumni- alumni sekolah ini yang tumbuh menjadi orang hebat yang membawa manfaat bagi banyak orang dan saya juga yakin bahwa angkatan KIS’22 juga bisa menjadi orang-orang hebat itu.” Dalam sesi motivasi ini Bu Syaikhoh mengajak Kakak-kakak KIS’22 untuk berani menyerukan cita-citanya. Ada beberapa Kakak KIS’22 yang maju kedepan dan menceritakan ia ingin menjadi apa di masa depan nanti yaitu Kak Dinar Naufal Basith dan Kak Ilham Akbar Ady. Diawali dengan Kak Dinar yang menceritakan tentang pengalaman nya selama masuk SMANSA dan cita-citanya “ Saya bisa dibilang dulu aktif di atletik jadi tidak terlalu fokus belajar, namun tidak ada kata terlambat untuk belajar. Dan saya ingin menjadi seorang pebisnis ingatlah kalau kalian terlahir miskin itu bukan salahmu namun jika kau mati miskin itu salahmu.” Sorak tepuk tangan Kakak-kakak KIS’22 mendengar perkataan Kak Dinar.

Kemudian bergantian dengan Kak Ilham Akbar Ady. “ Saya merasa masih banyak ketimpangan sosial yang dirasakan di bumi ini, ada negara maju seperti Amerika namun disisi lain ada negara-negara di belahan Afrika yang mengalami krisis ekonomi dan SDM manusia nya. Dari situ saya bercita-cita menjadi diplomat yang bisa menolong negara-negara tersebut agar dunia ini tidak ada yang kelaparan.” Kak Ilham mengatakan dengan penuh keyakinan di hadapan Rekan-rekan seperjuangan nya. Mendengar cita-cita dari siswanya Bu Syaikhoh sangat bangga juga tak hentinya mengingatkan Kakak-kakak KIS’22 untuk selalu berusaha melakukan kebaikan serta mendekatkan diri kepada Tuhan agar apa yang dicita-citakan bisa tercapai.

Setelah sesi motivasi, Bu Syaikhoh menyerahkan sesi acara selanjutnya kepada Bapak Nur Taufik. Sesi itu adalah berdoa bersama dan Pak Taufik meminta Kakak-kakak KIS’22 untuk benar-benar tulus dalam berdoa. “Sekarang pejamkan mata kalian dan berikan amin kalian yang paling tulus agar doa ini mampu menembus langit.” Tutur Pak Taufik saat memulai doa.

Setelah berdoa bersama adalah sesi penayangan video kenangan KIS ’22. Dalam video tersebut berisi video MPLS 2019 kemudian ada kesan dan pesan dari Kak Hasna Faza Nabila selaku Ketua Umum Organisasi Siswa Intra Sekolah periode 2020/2021 dan Kak Tiara Miratul Zainy selaku Ketua Majelis Perwakilan Kelas periode 2021/2022. Di dalam video tersebut juga ditayangkan pembacaan puisi dari Kak Aida Rizkya Lestari yang berjudul “Tentang Angka 2 dan 2”. Kemudian acara dialihkan ke Lapangan sekolah dan digantikan oleh MC dari kelas 12 yaitu Kak Agif dan Kak Amel. Pertama-tama Kakak-kakak melakukan games dan yang kalah memimpin mop dance fortune cookies. Pada sesi ini Bu Siska selaku guru BK yang mendampingi KIS’22 sejak kelas 10 ikut meramaikan acara.

Selanjutnya Kakak-kakak melakukan sesi acara inti dengan menyanyikan lagu adat dan melingkar di lapangan sambil menyanyi bersama-sama. Sesi Cap Tangan dilakukan setelah acara inti, Kakak-kakak bersemangat untuk menghias kain yang berisi warna-warni dari telapak tangan KIS’22. Sesi terakhir yaitu foto bersama 1 angkatan dan tak lupa Kakak-kakak juga melakukan jargon SMANSA bersama.

Dengan diadakan nya acara DKIS 2022 ini, diharapkan Kakak-kakak kelas XII menjadi lebih semangat dalam menghadapi Ujian Sekolah dan ujian-ujian lainnya. Terima kasih kepada Kakak-kakak KIS’22 yang telah berpartisipasi dalam DKIS 2022. Semoga Kakak-kakak juga dapat selalu mengambil hikmah dari setiap kenangan yang ada. Ingat, ini belum akhir dari semua. Ini adalah sebuah langkah baru yang akan Kakak hadapi untuk mencapai cita-cita dan impian Kakak-kakak. Sukses selalu Kakak-kakak. Usaha tidak akan menghianati hasil, doa kami akan selalu menyertai kalian. VIVA SMANSA!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

screen tagSupport