Mengevaluasi Demi Periode Yang Lebih Baik : Rapat Tengah Tahun 2022

Pada hari Jumat, 25 Februari 2022 telah dilaksanakan kegiatan Rapat Tengah Tahun 2022. Program kerja ini merupakan program kerja milik Majelis Perwakilan Kelas SMA Negeri 1 Pekalongan. Sebagai organisasi yang bertugas mengawasi jalannya seluruh kegiatan organisasi dan ekstrakurikuler, MPK mengadakan RTT 2022 sebagai wadah bagi para ketua organisasi dan ekstrakurikuler untuk mempresentasikan kinerja dari forum mereka selama satu semester sebelumnya san juga menyampaikan evaluasi terhadap seluruh proker setiap organisasi dan ekstrakurikuler di depan pembina serta kepala sekolah.  

Rapat Tengah Tahun 2022 dilaksanakan di Aula SMA Negeri 1 Pekalongan. Dihadiri oleh 36 ketua organisasi dan ekstrakurikuler dihadiri juga oleh kepala sekolah yaitu Bapak Yulianto Nurul Furqon, M.Pd. dan beberapa pembina ekstrakurikuler dan organisasi diantaranya Bapak Imam Subhan S.Pd, Bapak Nur Taufiq S. Ag, Bapak Drs. Riyanto, Bapak Satrio Budi Utomo S.Pd, Bapak Edi Susilo, S.Pd, dan juga Ibu Nuvanda Eka Safitri, S.Pd. Dengan mengusung tema “Teguhkan Langkah Dan Halau Rintangan Tuk Periode Gemilang” RTT berlangsung lancar tanpa halangan apapun. Pada pukul 13.30 WIB pembawa acara mulai membuka acara, kemudian dilanjutkan sambutan dari ketua acara yaitu Kak Nuril Alfi Syahrian dan Bapak Yulianto Nurul Furqon, M.Pd selaku Kepala SMA Negeri 1 Pekalongan. “Dikarenakan pandemi masih terus berlangsung apalagi di Kota Pekalongan meningkat menjadi PPKM level 3, kita harus terus saling menjaga agar keadaan cepat membaik dan kita dapat menjalankan program kerja organisasi dan ekstrakurikuler dengan lebih efisien secara luring” tutur beliau dalam sambutannya.  

Sesi selanjutnya diisi dengan presentasi dari organisasi ekstrakurikuler yang ada di SMANSA seperti Wanalana, Gamaraka, PASSUSBRA, English Club, Computing Club, PMR, Smansazone, KIR, MICS, Jurnalistik, RaMA, dan Shinobu. Kemudian dilanjutkan presentasi dari ekstrakurikuler seperti Taekwondo, Basket, Futsal, Betadance, Badminton, Voli. Sesi presentasi akhir diisi dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah dan ditutup oleh presentasi dari Majelis Perwakilan Kelas beserta komisi-komisinya.

Ekstrakurikuler English Club di dalam presentasinya memaparkan bahwa ekstrakurikulernya masih terkendala dana untuk mengikuti lomba-lomba masih harus mengeluarkan iuran. Sedangkan dari beberapa ekstrakurikuler menyampaikan bahwa ekstrakurikuler yang mereka ikuti tidak terdapat pelatih yang tetap sebagai fasilitas penunjang prestasi ekstrakurikuler mereka contohnya pada ekstrakurikuler futsal, basket putra, dan beta dance modern. Kemudian pada organisasi ekstrakurikuler  Wanalana menyampaikan bahwa keaktifan peserta dalam ekstrakurikuler Wanalana masih kurang dikarenakan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan secara online. Dari evaluasi tersebut Wanalana memberikan solusi dengan menambah media dalam menyampaikan materi kepada adik-adik dan menambah interaksi dengan kelas 10 agar adik-adik  lebih antusias dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Dari evaluasi proker yang telah dipresentasikan oleh organisasi dan ekstrakurikuler rata-rata mengeluhkan keaktifan peserta yang kurang dikarenakan kegiatan dilaksanakan secara daring kemudian juga mengeluhkan terkait kurangnya dana yang digunakan untuk menunjang fasilitas acara yang dilaksanakan. Kemudian pembina memberikan tanggapan keseluruhan dari presentasi organisasi dan ekstrakurikuler. Sebelum memberi tanggapan Pak Edus menyemangati para hadirin yang hadir karena waktu mulai memasuki sore hari dengan dipimpin MC para hadirin bersama-sama mempraktikkan jargon. 

RTT 2022! 

Ciptakan Karya! 

Tunjukkan Kreativitas! 

Tuk Kembangkan SMANSA!  

“Karena di masa pandemi ini memang sulit untuk melaksanakan acara dengan mekanisme seperti biasanya jadi kalian sebagai ketua organisasi harus mampu mengoordinir tim kalian untuk menjalankan acara dengan lebih banyak persiapan plan mekanisme dan lebih kreatif karena kalian yang harus menyesuaikan diri dengan keadaan bukan keadaan yang menyesuaikan kalian. “ ucap Pak Edus dalam tanggapannya.  

Terkait soal pendanaan giliran Pak Yulianto Nurul Furqon, M.Pd selaku kepala sekolah yang menanggapi “Rencananya dana BOS akan saya gunakan untuk menunjang kebutuhan kalian, namun tetap harus ada proposal jelas yang diajukan jadi kita bisa memantau pemasukan dan pengeluaran yang diberikan sekolah untuk kegiatan kalian digunakan seperti apa.” Ujarnya.  

Acara Rapat Tengah Tahun 2022 ditutup pada pukul 16.05 WIB. Setelah itu Pembina mengajak seluruh hadirin dan panitia untuk berfoto bersama di ruangan Aula SMA N 1 Pekalongan. 

Dengan diadakannya acara Rapat Tengah Tahun 2022 ini, diharapkan seluruh organisasi, organisasi ekstrakurikuler, dan ekstrakurikuler di SMA N 1 Pekalongan dapat mengevaluasi program kerja satu semester kemarin dan mengembangkan inovasi-inovasi serta meminimalisir kendala-kendala pada semester kedepan. Dengan tujuan, jika organisasi, organisasi ekstrakurikuler, dan ekstrakurikuler berjalan dengan baik, tentunya dapat menjadikan SMA N 1 Pekalongan lebih baik dan berkembang dalam segala bidangnya. Sukses selalu untuk para ketua organisasi dan ekstrakurikuler karena dipundak kalian ada tanggung jawab untuk mengembangkan prestasi di SMANSA.  

VIVA SMANSA!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

screen tagSupport