The Next Better Future Leader – PILKETOS 2021

Pemilihan Ketua OSIS atau biasa disebut juga dengan PILKETOS adalah kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun sekali oleh Organisasi Majelis Perwakilan Kelas, selain itu PILKETOS juga merupakan acara pertama bagi anggota baru MPK ‘24 untuk mengontribusikan kinerjanya untuk sekolah dan MPK. Acara PILKETOS 2021 ini mengusung tema “Munculkan Sinar Baru Melalui Satu Suara Penumbuh Demokrasi.”. Mengingat pentingnya regenerasi seorang pemimpin yang kompeten dalam suatu organisasi, yang merupakan langkah awal  bagi organisasi untuk menjadi lebih baik dalam  menjalankan program kerja yang lebih kreatif serta inovatif. Maka dari itu, adanya pandemi tak menghalangi MPK dalam menjalankan program kerjanya dengan segala kemajuan teknologi di era ini. Acara PILKETOS 2021 dilaksanakan dengan menggunakan mekanisme sebagian besar melalui daring.  Tujuan utama acara PILKETOS adalah agar warga SMA Negeri  1 Pekalongan menggunakan hak suaranya secara bijak dan melatih sikap demokratis untuk memilih  pemimpin yang berintegritas dan bertanggung jawab demi masa depan SMA Negeri1 Pekalongan dan juga generasi muda bangsa Indonesia.

Setelah melalui berbagai tahap, puncak acara PILKETOS 2021 telah diselenggarakan pada hari Jumat, 20 Agustus 2021 yang merupakan Tahap Orasi. Tahap orasi adalah kesempatan terakhir bagi ketiga Calon Ketua OSIS untuk menyampaikan Visi, Misi, Program kerja serta meyakinkan seluruh warga SMANSA atas nilai-nilai kompetensi di dalam diri setiap kandidat Calon Ketua OSIS. Tak lupa  MC yang memandu acara ini selalu membangkitkan semangat para Audiens  dengan  melakukan jargon sebelum memulai acara. Berikut merupakan jargonnya :

“Demokrasi?! Itu Kita!”

“Demokrasi?! Untuk Smansa!”

“PILKETOS SMANSA!”

“Semangat Menggapai Cakrawala !!!”

Lalu selaku Ketua Panitia acara PILKETOS 2021 Effia Devona Putri Guffron memberikan sambutan dan harapan atas diselenggarakannya acara sebagai berikut. “Saya harap kepada kandidat yang terpilih menjadi ketua OSIS nantinya bisa mengemban amanah dan menghadirkan inovasi-inovasi menarik untuk seluruh organisasi dan ekstrakurikuler di SMANSA dan saya mengajak semua warga SMANSA agar jangan golput dan ikut berpartisipasi dalam acara PILKETOS tahun ini.” ujarnya. Orasi dimulai dari kandidat nomor urut satu ke kandidat nomor urut tiga. Lalu, para kandidat menjawab beberapa pertanyaan dari sesi tanya jawab, diantaranya “Apakah kamu siap menjadi ketua OSIS periode 2021/2022  di masa pandemi seperti ini?” para kandidat menjawabnya dengan mantap akan bekerja semaksimal mungkin dan yakin bahwa pandemi bukan alasan untuk menghalangi program kerja yang ada, justru menjadi wadah bagi ide dan solusi baru untuk muncul dan menyelesaikan permasalahan. 

Kegiatan ini disiarkan melalui siaran langsung Instagram dan YouTube milik organisasi MPK. Meskipun Audiens hanya menyaksikan dari rumah, keseruan dan semangat mereka untuk mendukung kandidat pilihannya terlihat dari kolom komentar siaran langsung Instagram dan YouTube. Tim Sukses dari masing-masing kandidat juga tak bosan mempromosikan visi dan misi Caketos andalan mereka kepada warga SMANSA. Setelah tahap Orasi selesai, website MPK dibuka untuk melakukan pemilihan salah satu kandidat  mulai dari hari Jumat, 20 Agustus 2021 pukul 16.00 WIB hingga hari Sabtu, 21 Agustus 2021 pukul 23.59 WIB.

 Semua kandidat Calon Ketua OSIS pada intinya memiliki tujuan yang sama yaitu memajukan semua organisasi dan ekstrakurikuler di SMANSA agar menghasilkan generasi Kartinians baru yang hebat, berintelektual, dan religius. Pesan jangan golput dan memilih sesuai hati nurani terus disampaikan oleh semua kandidat Calon Ketua OSIS, mereka sama-sama tahu pada akhirnya bekerja sama dan berkolaborasi untuk menyatukan ide-ide  cemerlang mereka jauh lebih penting dari sekedar memenangkan voting. Ketiga kandidat adalah orang yang berkompeten dan juga orang-orang terbaik diantara yang terbaik. Mereka semua memiliki berbagai rancangan untuk acara-acara besar di SMANSA dan juga mereka tulus dalam mengemban amanat yang diberikan oleh warga SMANSA.

Setelah acara PILKETOS 2021 selesai para kandidat berterima kasih kepada semua panitia yang terlibat dan memberikan kesan pesan mereka selama mengikuti proses seleksi pemilihan Calon Ketua OSIS. “Kesan pesan saya untuk PILKETOS 2021 acaranya berjalan dengan sangat lancar semoga kedepanya semakin baik dan semakin jaya !” ujar kandidat nomor urut III, Iyyaka Kautshar Pinta Rizka. Tak lupa dukungan Tim Sukses dari masing-masing Calon Ketua OSIS yang menjadi semangat tersendiri bagi para kandidat untuk mengemban tugas sebagai Ketua OSIS , panitia juga memberikan penghargaan untuk mereka yang sudah menyemangati kandidat andalan nya dan penghargaan itu diraih oleh Tim Sukses nomor urut satu yaitu Navarro Zahnabigha Alhusni. Kerja keras Timses itu tidak sia-sia setelah melalui proses voting hasil pilihan warga SMANSA telah memilih sebanyak 987 suara dan tidak memilih sebanyak 5 suara. Kandidat nomor urut satu menerima 40,32% suara sebanyak 398 suara dan ditentukan sebagai Ketua Umum OSIS yaitu Caketos I Navarro Zahnabigha Alhusni dari kelas XI MIPA 2 sedangkan suara terbanyak kedua 32,82%, sebanyak 324 suara jatuh kepada Caketos II Fakhriyah Regina Olgaveda dari kelas XI MIPA 5 sebagai Ketua I OSIS dan Caketos III Iyyaka Kautshar Pinta Rizka dari XI MIPA 6 menerima 26,59% suara sebanyak 265 sebagai Ketua II OSIS.

Kami mengucapkan selamat kepada Kakak-kakak  Ketua OSIS periode 2021/2022 semoga amanah dan kepercayaan yang sudah diberikan oleh warga SMANSA dapat dijaga serta visi dan misi yang sudah disampaikan dapat terlaksana dengan baik tak lupa untuk melanjutkan program kerja yang sebelumnya menjadi lebih kreatif dan inovatif serta menjadikan SMA N 1 Kota Pekalongan menjadi sekolah percontohan  bagi sekolah lain. Semangat dan sukses untuk menjalankan tugas! VIVA SMANSA!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

screen tagSupport